Saatnya Merubah Mindset, Pandemik Menjadi Berkah Untuk Semua - SCIED UIKA

Rabu, 30 September 2020

Saatnya Merubah Mindset, Pandemik Menjadi Berkah Untuk Semua

     

    Di mulai dari awal tahun 2020 ini di Indonesia sudah di hadapkan berbagai macam cobaan mulai dari bencana banjir, longsor, dan hal lainnya. Dan yang paling terpenting sekarang seluruh dunia pun terkena dampaknya yaitu pandemik covid19, seperti yang di katakan semua media bahwa pandemik ini sangat susah dihilangkan dan masih belum ditemukan vaksinnya. Adanya pandemik ini juga sangat merubah segalanya, khususnya dalam perekonomian dunia termasuk Indonesia. Di tengah situasi ini di Indonesia sektor perdagangan juga mengalami dampaknya. Inilah yang mendorong pemerintah dan ecommerce bersama-sama membantu UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) untuk menjalankan roda bisnis dengan membuka kesempatan pasar ke seluruh Indonesia. 


    Oleh karena itu, pemerintah dan seluruh marketplace online saling bekerjasama untuk mengembangkan teknologi digital saat ini. Contohnya
memberikan pelatihan kepada para pedagang UMKM untuk berpindah dari berjualan offline ke online agar bisa mengikuti pasar saat ini. Dengan diajarkan dan diberikan arahan yang baik tentunya sangat bermanfaat untuk UMKM di saat pandemik ini. Selain itu, produk UMKM harus kreatif dan inovatif karena saat ini pasti para pedagang lain sedang menjalankan aksinya untuk berdagang online dengan berbagai penawaran yang menarik.  
    Pedagang UMKM online juga harus mencari strategi-strategi yang tepat untuk meraup pundi-pundi rupiah dengan banyak. Ada beberapa hal yang harus dilakukan para UMKM yaitu dengan cara memberikan promosi yang menarik, menawarkan harga yang sesuai dengan kualitas, dan memberikan pelayanan yang baik; ingat yaa pembeli adalah raja jadi sudah pasti kita harus memiliki mental yang kuat untuk menghadapi berbagai macam sifat pelanggan Lantas, bagaimana jikalau mahasiswa menginginkan adanya pemasukan saat pandemik ini? Bagi mahasiswa pasti sangat berdampak karena tidak bisa mendapatkan uang bulanan dari orang tua, padahal kebutuhan kuota sangat penting sekarang untuk sistem belajar online saat ini. Nah bagi seorang mahasiswa harusnya kreatif dalam hal apapun. Banyak cara yang bisa dilakukan dengan kekuatan teknologi saat ini seperti halnya kita menjadi dropshipper selain mudah dijalankan untuk yang tidak memiliki modal yang besar, dengan sistem ini kita tidak perlu stok barang.  
    Kita juga bisa menjadi Reseller, yaitu reseller harus mempunyai fisik barang terlebih dahulu dan melakukan mulai dari pengemasan dan menentukan harga jual sendiri. Produknya juga sangat bisa dipromosikan melalui media sosial pribadi, promosi langsung ke teman atau tetangga dan lain-lainnya. Dengan begitu akan meningkatnya kebutuhan produk dengan memesan pemesanan secara online banyak orang berfikir dengan memesan secara online akan lebih aman dalam mengurangi resiko virus Covid-19, maka dari itu ini adalah peluang dalam berjualan secara online. 
    Di era modern saat ini dan bertambahnya ada pandemik membuat kita menjadi dirumah saja, selain berdagang online saat ini ada juga hal-hal yang banyak digemari oleh semua kalangan. Apa saja yaaa? Nah ini yang saat ini digemari yaitu Youtube, mengapa youtube? Karena saat ini kebiasaan kita berubah 180 derajat, yang biasanya kita bisa kemanapun sendiri maupun dengan teman, berjalan-jalan bebas tanpa terhalang PSBB, tanpa menggunakan alat kesehatan dan lainnya. Nah sejak dirumah saja, kita pasti akan lebih banyak waktu luang untuk menggunakan handphone. Jika seorang yang tidak biasa berdagang pasti sulit untuk memulainya, karena tidak semua orang mempunyai skill yang sama.
    Nah, oleh karena itu jika seseorang mempunyai skill atau kelebihan dalam internet tetapi tidak bisa berdagang. Maka aplikasi Youtube lah yang akan membantu, dengan cara menjadi Content Creator yaitu membuat konten-konten di youtube yang kreatif, unik, menarik semua kalangan. Tetapi tidak hanya youtube saja lhoo, Konten-konten tersebut dibuat untuk media selain youtube yaitu Snapchat, Instagram, WordPress, Blogger, Dll. Karena Content Creator memiliki arti sebuah Profesi yang membuat suatu konten, baik berupa tulisan, gambar, video, suara, ataupun gabungan dari dua atau lebih materi. Jadi tidak terbatas hanya kepada Content Creator yang sekedar menampilkan Gambar dan suara saja, karena saat ini, kebanyakan konten berupa berita, Tutorial, Update dan sebagainya, masih melalui tulisan, yang selanjutnya akan di proses kembali menjadi sebuah video.
    Dan masih banyak hal lainnya yang sebenarnya bisa dilakukan saat pandemik ini. Itulah beberapa hal yang bisa kita terapkan disaat pandemik seperti ini untuk semua kalangan dan yang terpenting jika tidak ada keperluan mendesak, sebaiknya tetap dirumah saja.  Oleh karena itu, mulai dari sekarang mari ubah mindset kita jangan jadikan pandemik Covid-19 awal keburukan dan bencana, tapi disisi lain dengan adanya Virus Covid-19 kita bisa lebih dekat dengan keluarga, rajin membersihkan tubuh, dan kita dituntut untuk lebih produktif seperti yang awalnya tidak memberanikan diri dalam bedagang menjadi aktif berdagang atau yang awalnya tidak percaya diri pada skill menulis nya, desainnya dan yang lain-lain menjadi produktif dan menghasilkan banyak uang. Tetapi semua itu kembali ke pilihan masing-masing sesuai dengan passion nya. Selama kita selalu berpikir positif pasti akan ada dampak baiknya untuk kehidupan kita. 

Penulis : Fikria Hasni

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda