Indonesia Mengalami Perekonomian Yang Sangat Lemah Pada Masa Pandemi - SCIED UIKA

Kamis, 24 September 2020

Indonesia Mengalami Perekonomian Yang Sangat Lemah Pada Masa Pandemi


INDONESIA MENGALAMI PEREKONOMIAN YANG SANGAT LEMAH PADA MASA PANDEMI

     Di tengah masa pandemi ini beberapa negara mengalami penurunan dalam perekonomiannya. Termasuk juga dengan indonesia, Yang kini sedang mengalami kondisi yang sangat terpuruk, kurang lebih dari 6 juta Pekerja di indonesia di rumahkan bahkan ada yang sampai di putus hak kerjanya (PHK). Data ini berasal dari berbagai macam sumber industri.
    Beberapa perindustrian mengalamoi penuruan yang sangat cepat, Contohnya seperti data yang dikatakan oleh Rosan “Dunia Otomotif Dulu Bisa Target Sampai Jutaan Kendaraan Yang Dapat Di Jual, Tapi Kini 400.000 Saja Sudah Sangat Bersyukur.” Pada masa pandemi Covid ini banyak perusahaan yang berimbas pada kehancuran, pengangguran makin tinggi, sampai banyaknya kematian akibat virus ini,  
Sementara itu Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan Bahwa perekonomian di Indonesia akan menghadapi gejolak yang cukup besar akibat dampak Virus corona ini, Dia membuat 3 skenario Pertumbuhan ekonomi Indonesia. Pertama, Asumsi dalam Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2020 Ekonomi tumbuh 5,3% . Kedua Skenario ekonomi berat dengan proyeksi 2,3% . Dan yang ketiga yya itu dengan 2,97%, hal ini tentu masih dalam skenario yang belum terealisasi.
    Berdasarkan analisa yang dikeluarkan Singapore University Of Technology And Design dengan menggunakan metode estimasi pandemi, Susceptible Infected Recorvered (SIR) dengan Data Driven Estimation (DDE), maka di perkirakan puncak pandemi di indonesia meningkat pada 19 april 2020 yang lalu Dan di perkirakan berkahir di Juli 2020. Dari sisi ekonomi dengan adanya stimulus fiskal yang di sertai denga n realokasi anggaran untuk kesehatan ekonomi indonesia di harapkan akan segera pulih dan akan kmbali mengalami lonjakan yang cukup tinggi setelah pandemi ini berahir. 

Penulis : Dila Auliya

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda