Pengusaha Sukses Tanpa Hutang dan Riba - SCIED UIKA

Senin, 31 Agustus 2020

Pengusaha Sukses Tanpa Hutang dan Riba

 



Pengusaha Sukses Tanpa Hutang dan Riba

    Banyak orang yang beranggapan bahwa orang sukses itu sebagian besarnya berprofesi sebagai pengusaha. Pengusaha yang sudah sukses bahkan tidak segan untuk menceritakan pengalaman hidupnya melalui buku, seminar motivasi dan lainnya.

    Banyak tokoh pengusaha sukses yang menginspirasi, salah satunya dari Indonesia sebut saja Bob Sadino. Beliau pernah menjadi orang terkaya di Indonesia karena kerja kerasnya menjual telur ayam. Tidak heran jika menjadi pengusaha merupakan salah satu tujuan hidup yang diminati untuk menempuh kesuksesan.

    Setiap orang pasti mempunyai jalan kehidupan yang berbeda-beda sebelum menjadi pengusaha yang sukses. Ada yang memulai usaha dari nol. Ada yang menawarka jasanya agar mendapat upah dan bisa mendirikan usaha sendiri. Ada yang menjual barang pribadinya untuk dijadikan modal usaha. Ada pula yang meminjam modal usaha dari Bank. Terlepas dari apa pun caranya asalkan niat dan usaha harus seimbang. Kalimat “usaha tidak akan mengkhianati hasil” seharusnya selalu terbenak di dalam diri agar menjadi motivasi tersendiri.

    Namun yang dipermasalahkan adalah tidak sedikit orang yang memulai usahanya selalu diiming-imingi modal riba. Modal riba yang dimaksud itu modal yang dipinjam dari Bank konvensional. Beberapa dari kita pasti sudah tahu kalau riba itu berbahaya dan tidak diperbolehkan.

    Kenapa? Karena konsekuensi dari peminjaman Bank konvensional terdapat bunga yang sangat tinggi. Jika dihitung-hitung melebihi jumlah dari pinjaman yang seharusnya.Mungkin saja yang sudah atau masih terjebak kurang mengerti akan bahayanya riba sehingga mudah terpengaruh dengan tawaran pengembangan usaha melaui programnya.

    Riba banyak sekali macamnya bukan hanya sekedar meminjam modal dalam bentuk uang saja. Membeli ruko, kendaraan, mesin, dan peralatan usaha jika dibeli dengan cara kredit juga termasuk riba. Selain dengan sistem yang disebutkan, riba dalam bentuk kartu kredit juga dapat digunakan sebagai modal usaha.

    Sistem riba dibuat sedemikian praktis dan mudah agar nasabah semakin tertarik. Satu hal yang perlu digaris bawahi, Islam tidak pernah melarang adanya utang tetapi melarang keras adanya riba. Meskipun diperbolehkan berutang siapa pun pastinya tidak ingin hidupnya terlilit utang.

    Pengusaha tanpa riba merupakan wujud dari kesuksesan merintis usaha yang sebenarnya. Dengan memanfaatkan modal yang ada tanpa melibatkan utang atau dana pinjaman berbunga dari Bank, tentunya akan sangat membantu dan menguntungkan dalam jangka panjang. Salah satu alasan mengapa seseorang terjebak dalam sistem riba yaitu ketidaksabaran memulai usahanya

    Jika tidak sabar maka jalan pintas yang dipilih yaitu meminjam modal usaha ke Bank. Ketika usaha tersebut sudah berjalan lancar biasanya segera memenuhi keinginan untuk membeli barang maupun kendaraan secara kredit. Padahal kunci dari kesuksesan adalah kesabaran.

    Tidak ada kata terlanjur jika sudah terjebak kedalamnya. Bangunlah kembali usaha dari nol dengan cara yang halal dan diridhoi Allah SWT. Keluar dari zona nyaman memang pilihan terbaik. Dengan cara tersebut pasti hasil dari jerih payah yang dilakukan akan terbayarkan. Jangan sekali-kali goyah dengan cara yang instan. Jangan jadikan finansial sebagai patokan sukses. Jadilah pengusaha yang sukses di dunia maupun akhirat


Penulis : Aldeana Meliani

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda